Kamis, 31 Desember 2015

Cara mengetahui perbedaan File asli atau virus dan Tutorial UnHidden Files dengan CMD

Kasus-Kasusnya yang sering terjadi seperti ini :
Pada Removable Flashdisk, Memory MMC, atau removable disk lainnya, terdapat Folder biasa yang jika diklik, Folder tersebut tidak terbuka atau terkadang malah membuka jendela explorer tab baru yang berisi iklan atau biasa disebut adware/virus iklan yang cukup mengganggu dan merugikan.
Atau jika saLah satu Folder tersebut kita hapus, setelah beberapa saat, Folder yg kita hapus atau delete tadi muncul kembali lagi .Ini akan menjadi masalah karena ini bisa disebut virus.

Nah dari kasus seperti itu kita harus curiga, bahwa virus telah masuk menginfeksi ke dalam komputer kita!

Bagaimana cara mengetahuinya?
Caranya Mudah sekali, caranya masuk ke Windows Explorer , Lalu pada icon di (tomboL) Views pilih Details. seperti gambar di bawah ini.
Folder view








setelah tampilan explorer berubah menjadi Details, Perhatikan pada bagian Name, Size, Type, Date Modified dari Folder-folder tersebut. Jika terdapat suatu Folder namun ber-Type Application dan memiliki size 53Kb (atau berapa pun) bisa di Pastikan bahwa FOLDER-FOLDER tersebut adalah VIRUS. Untuk Lebih jelas membedakan mana Folder yg asli & mana yg Virus, bisa diLihat pada gambar ini :
Cek folder virus


atau pada gambar yang ini


Perbedaan file asli dengan virus


Bagaimana? benarkah komputer anda telah terinfeksi virus.Jika kalau benar,Lalu bagaimana caranya menyembuhkan/memperbaiki komputer anda?
Sekarang Mari kita mulai menghilangkan atau menghapus Virus tersebut!
Cara pertama yang saya coba adalah dengan menggunakan Anti Virus, kebetulan anti Virus yang saya pake adaLah AVG yang saya Update setiap saat, namun hasilnya adalah NOL BESAR... virus nya ga kedetek sama sekali!,begitupun dengan AV yang Lain seperti Norton, McAfee, dsb. 

Karena saya selalu menggunakan SMADAV jika kalau AVG saya udah tidak bisa, dan ternyata dengan memakai SMADAV virus itu kedeteksi waktu diScan dan bisa dihapus semuanya! Beres??Yups, sudah beres!Virusnya sudah hilang. Hore!

LaLu bagaimana dengan Folder saya yg asli? HiLang juga?
Jawabannya adaLah........iya!! he,he,he becanda sob... sebenernya Folder kita itu bukan berubah menjadi virus, melainkan  Viruslah yang berubah menyerupai dan meniru Folder-folder kita dan Virus memberikan attribut pada Folder tersebut menjadi SUPER HIDDEN. jadi walaupun di Folder OptionWindows nya udah di Show Hidden Files, tetep aja Folder kita tidak akan muncul! untuk cara mengembalikannya akan saya Tulis di akhir Post ini, karena saya akan sedikit menjelaskan (banyak juga sebenernya), cara Menghilangkan Virus ini secara Manual. Kenapa secara manuaL? yah kan bisa aja misalnya kalian sedang tidak membawa senjata (antivirus) dan kebetuan tidak ada koneksi internetnya,Nah inilah mode manual beraksi !

Langsung saja, caranya adalah begini :
Bawa Flashdisk atau MMC anda ke Komputer yang bersih dari Virus, bagaimana cara mengetahui bahwa komputer itu bersih dari virus?Ya tanya dulu sama yang punya komputernya, (gitu aja kok repot!!), setelah itu delete semua Folder Virus tersebut sampai ke Sub-sub Foldernya. Seperti dibawah :
Expand folder

Lalu Hapus seperti dibawah :

Delete file virus

Tutorial mengembalikan file dan folder yang disembunyikan virus
Setelah semua Virusnya sudah diHapus, mari kita kembalikan Folder-folder yang di sembunyikan/Hidden file oleh virus. Caranya adalah : klik tomboL start Windows/tombol windows+R, Lalu pilih RUN, setelah muncuL ketikkan CMD(enter) untuk masuk ke Command Prompt. selain itu, untuk masuk ke Command Prompt windows bisa dilakukan dengan mengklik tomboL Start - Program - Accessories - Command Prompt.

kalau sudah masuk di Command Prompt, masuk ke drive Flashdik ataupun MMC tadi. jiKa Flasdisk atau MMC nya di drive F (F:\), maka ketik di cmd F: (enter). setelah masuk ke Drive F:\, ketikan attrib -s -r -h *.* /s /d (enter). tunggu beberapa saat hingga muncul kembali F:\
tampilan command prompt nya kurang lebih akan seperti ini :

CMD unhidden file


setelah selesai ,masuklah ke drive Flashdisk atau MMC anda, dan  Folder anda akan muncul kembali seperti semula. kalau tidak bisa juga, ada kemungkinan bahwa komputer teman anda sudah terkena virus juga,he,he, walaupun terlalu panjang dan tidak terlalu jelas, semoga postingan saya ini berguna.Walaupun masih banyak sekali kekurangan
Unhidden file dan folder dengan CMD
NB:
selain Virus yang berbentuk Folder, cara ini juga bisa di gunakan untuk Virus-virus LokaL yang berbentuk Screen Saver, Microsoft Word Document, dan yang lain-lainnya. kalau tidak salah yang terbaru itu berbentuk File gambar Seperti JPG,PNG,DLL.
Untuk menghindari Virus-virus tersebut adalah :
Tekan tombol Shift pada keyboard saat memasukan CD, Flashdisk, atapun yang Lainnya untuk mematikan atau disable dari fungsi Autorun.
jangan Langsung mengKlik File-file ataupun Folder pada Windows Explorer sebelum kita menampilkannya dalam bentuk Views Folder.

Cukup sampai disini...Jangan lupa tinggalkan jejak


EmoticonEmoticon